Akademik

Kegiatan Akademik di Program Studi Meteorologi tercermin dalam kegiatan belajar mengajar dan aktivitas-aktivitas kemahasiswaan yang diarahkan pada kurikulum yang telah dirancang. Kurikulum  memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kompetensi dasar lulusan Program Studi Meteorologi adalah untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut di dalam dan luar negeri dalam bidang sains atmosfer dan meteorologi maupun untuk mengisi lapangan pekerjaan yang relevan. Penyusunan kompetensi Program Studi Meteorologi ITB di dasarkan pada dokumen No. 256 WMO (World Meteorological Organization) tentang spesifikasi personil meteorologi dan antisipasi terhadap perkembangan kebutuhan lapangan kerja di bidang meteorologi di tingkat nasional dan di bidang lingkungan yang terkait dengan isu perubahan iklim global.

Untuk mendukung kompetensi tersebut maka dalam kurikulum dimasukkan matakuliah pilihan yang bisa diambil dari Program Studi Meteorologi ataupun program studi lain yang telah ditetapkan besaran SKS nya. Program Studi Meteorologi telah menyiapkan 14 matakuliah pilihan dengan bobot antara 2 dan 3 SKS.