Akses Wireless Meteorologi ITB

Akses internet secara wireless di lingkungan Program Studi Meteorologi bisa dilakukan dengan mengkoneksikan laptop/komputer ke wireless access point (WAP) terdekat. Saat ini WAP yang bisa digunakan untuk keperluan ini yaitu MeteoAP.

Seluruh WAP di Prodi Meteorologi diproteksi menggunakan Wi-fi Protected Access 2 atau WPA2 Enterprise sehingga untuk menggunakannya diperlukan credentials atau autentikasi. Credentials yang bisa digunakan untuk mengakses WAP ini adalah MetA (Meteorology Account). Akun Meta bisa diperoleh dengan melakukan registrasi pada administrator jaringan Prodi Meteorologi. Akan tetapi akun MetA ini hanya diperuntukkan bagi civitas Prodi Meteorologi dan tamu Prodi Meteorologi. Penjelasan mengenai akun MetA bisa dilihat pada halaman Layanan Internet/Intranet.

Selain memerlukan akun MetA, pengguna layanan wireless juga harus meng-install program supplicant (program kecil untuk melakukan koneksi ke WAP) karena protokol yang digunakan oleh WAP Prodi Meteorologi adalah EAP-TTLS yang tidak di-support oleh supplicant bawaan MS Windows. Supplicant yang disarankan untuk digunakan adalah XSupplicant dari Open1X Project. Supplicant ini bisa diperoleh dari website resmi Open1X di alamat http://open1x.sourceforge.net/. Untuk lingkungan ITB, Xsupplicant juga bisa diperoleh di FTP server stratus di alamat ftp://stratus.meteo.itb.ac.id/pub/Source/Win-src/Network/Supplicant/. Selain di sistem operasi MS Windows, Xsupplicant juga tersedia untuk sistem operasi Unix (Linux, BSD, dll). Bagi pengguna MS Windows, pilihlah installer Xsupplicant yang berupa file exe (xsupplicant-setup-*.exe), sedangkan bagi pengguna Linux sesuaikan dengan tipe processor yang digunakan (xsupplicant-*-linux-installer.bin untuk 32 bit, dan xsupplicant-*-linux-x64-installer.bin untuk 64 bit processor). Bagi pengguna sistem operasi lain yang tidak disediakan binary-nya, bisa meng-compile sendiri program ini dengan men-download source code -nya (XSupplicant-*-src.tar.gz atau XSupplicant-*-src.zip). Bagi pengguna Windows 7, dapat menggunakan alternatif supplicant lainnya, yaitu SecureW2. Cara installnya ada di Supplicant for Windows 7.

Langkah-langkah instalasi dan penggunaan Xsupplicant ini (untuk versi MS Windows) untuk mengakses WAP di lingkungan Prodi Meteorologi adalah sebagai berikut :

  1. Login ke Windows menggunakan akun dengan level administrator.
  2. Download file installer Xsupplicant dari alamat yang diberikan di atas. Kemudian pindahlah ke direktori tempat file installer tersebut disimpan. Lalu double click file tersebut, maka munculah jendela tentang License Agreement. Pilih I Agree.
  3. Ketika jendela Choose Components muncul, pilih tipe instalasi Standard, lalu klik Next.
  4. Pada jendela Choose Install Location biarkan saja Destination Folder ke Program Files, lalu klik Install.
  5. Pada saat instalasi, apabila di komputer/laptop belum ter-install MS Visual C++ Redistributable maka installer akan menginstall program tersebut. Proses instalasi ini memakan waktu yang agak lama, tergantung spesifikasi komputer/laptop.
  6. Setelah Xsupplicant terinstall, maka program ini akan mengecek program supplicant lain (biasanya supplicant bawaan Windows) dan menonaktifkannya. Klik saja Fix All.
  7. Karena Xsupplicant akan mengambil alih semua fungsi pengaturan jaringan (wired dan wireless), maka seluruh supplicant lain di komputer/laptop akan di-disable.
  8. Setelah proses instalasi selesai (complete), klik Close lalu reboot komputer/laptop agar Xsupplicant bisa digunakan. Apabila komputer/laptop tidak di-reboot, besar kemungkinan Xsupplicant tidak bisa digunakan dengan baik.
  9. Setelah komputer/laptop di-restart maka akan muncul icon Xsupplicant (lingkaran merah) di pojok kanan bawah layar (tray). Double click icon tersebut untuk membuka jendela Xsupplicant. Xsupplicant juga bisa di aktifkan melalui start menu Windows.
  10. Setelah jendela Xsupplicant muncul, pilihlah tab tipe koneksi yang diinginkan (dalam hal ini wireless). Kemudian klik Browse untuk melihat WAP yang tersedia.
  11. Setelah jendela Available Wireless Network muncul, pilihlah jaringan yang diinginkan (untuk lingkungan Prodi Meteorologi WAP name-nya selalu diawali dengan prefix MeteoAP, misalnya MeteoAP-2) dengan mengklik nama jaringan yang bersangkutan. Kemudian klik Connect.
  12. Jika muncul jendela pemilihan protokol, pilih EAP-TTLS, lalu klik Next.
  13. Pada jendela 802.1X Protocol Settings kosongkan saja Outer Identity-nya dan biarkan Tunnel Protocol-nya PAP. Hilangkan centang pada Validate Server Certificate, kemudian klik Next.
  14. Pada jendela berikutnya berikan nama untuk koneksi yang baru saja anda set. Sebaiknya gunakan saja nama WAP-nya sebagai Connection Name, lalu klik Finish.
  15. Jika tombol Connect pada XSupplicant ditekan, maka XSupplicant akan meminta masukan credential (username dan password) untuk melakukan koneksi. Masukkan username dan password MetA untuk melakukan koneksi ke WAP Meteorologi, lalu klik OK.
  16. Jika koneksi berhasil, pada jendela Xsupplicant akan muncul Status Connected (dengan waktu koneksi) pada Network yang bersangkutan. Jendela XSupplicant bisa ditutup dengan mengklik tanda X pada pojok kanan atas jendela XSupplicant (XSupplicant tidak akan mati dengan menekan tombol ini, sebaliknya ia akan tetap menyala di tray)

Selain untuk mengatur koneksi wireless, Xsupplicant juga bisa digunakan untuk mengatur koneksi wired. Penggunaan Xsupplicant juga memudahkan bagi pengguna yang sering berpindah-pindah jaringan. Dengan Xsupplicant pengguna tidak perlu mengganti-ganti IP/Gateway/DNS setiap kali berpindah jaringan. Cukup dengan menyimpan profil tiap koneksi dalam Xsupplicant, dan menggunakan profil koneksi tersebut di jaringan yang berkesesuaian.

Untuk sistem operasi lain (Linux, Mac, BSD dll) yang menggunakan desktop manager (GUI) caranya hampir sama seperti di atas. Apabila sistem operasi tidak menggunakan desktop manager, cek dokumentasi Xsupplicant dalam situs resminya. Beberapa sistem operasi berbasis Linux biasanya telah menyediakan supplicant yang bisa menggunakan protokol EAP-TTLS, misalnya dalam distribusi Ubuntu, OpenSuSE, Mandriva, Fedora, dll. Gunakan parameter seperti yang dijelaskan di atas. beberapa hal yang penting untuk diingat adalah protokol yang digunakan adalah EAP-TTLS, tidak perlu melakukan validasi sertifikat server, dan gunakan PAP untuk tunnel/inner protokol.