Posted September 10, 2012 by admin in Edukasi

Sekilas Tentang Meteorologi.

“Sunshine is delicious, rain is refreshing, wind braces us up, snow is exhilarating; there is really no such thing as bad weather, only different kinds of good weather.” – John Ruskin


foto oleh Nurinda

Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki dinamika atmosfer yang unik dan masih merupakan misteri bagi para peneliti dunia? Jika kita pelajari lebih lanjut, ternyata curah hujan di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai macam sirkulasi global yang kompleks. Dinamika atmosfer ini bisa dipelajari dalam ilmu yang disebut dengan Meteorologi. Berikut adalah definisi Meteorologi yang dikutip dari buku Klimatologi yang ditulis oleh Pak Bayong Tjasyono HK: “Meteorologi berasal dari kata Yunani, yaitu meteoros, yang artinya benda yang ada di dalam udara dan logos artinya ilmu atau kajian. Jadi, meteorologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari proses fisis dan gejala cuaca yang terjadi di dalam atmosfer terutama pada lapisan bawah, yaitu troposfer.”

Dengan kata lain, dalam Meteorologi kita mempelajari berbagai hal mengenai siklon tropis, turbulensi atmosfer, monsun, curah hujan, ENSO, pembentukan awan, dan fenomena-fenomena cuaca lainnya. Ilmu meteorologi memiliki dasar-dasar yang kuat di bidang matematika, dan fisika (terutama fisika fluida). Oleh karena itulah meteorologi juga disebut dengan geofisika fluida atmosfer (ilmu fisika bumi yang mempelajari atmosfer).

Meteorologi ITB unggul di bidang programming pemodelan cuaca menggunakan model WRF (Weather Research and Forecasting model). Penasaran kan? Hasil karyanya bisa kalian lihat di http://weather.meteo.itb.ac.id/. Bidang lainnya yang merupakan cakupan Meteorologi adalah pencemaran udara, hidrometeorologi, potensi energi angin, instrumentasi, pertanian (agrometeorologi), dll.

Selain menjadi peneliti atau pengajar, sarjana Meteorologi diperlukan di berbagai bidang lapangan kerja seperti perusahaan batu bara, perusahaan minyak dan gas, industri pesawat terbang, pusat pengembangan kawasan pesisir dan laut, BPPT, dan sebagainya. Isu-isu yang berkaitan dengan Meteorologi juga sekarang sedang berkembang seperti renewable energy (menggunakan energi angin), dan perubahan iklim.

Di Indonesia, jurusan Meteorologi bisa kalian temukan di Institut Teknologi Bandung dan Institut Pertanian Bogor.

***
Ditulis oleh Nurinda S S
Artikel ini juga dipublikasikan di http://www.masukitb.com


admin